Berita

AWI dan sang ayah Jio Seng Beng

tobasatu.com Medan – Bagi penikmat kopi, nama Awi Coffee sudah tak asing lagi di telinga. Berbagai jenis biji kopi Mandailing yang telah diroasting (disangrai-red) tersedia di Jalan Majopahit, Medan.

Awi yang memulai bisnis keluarganya ini dari semula bisnis rumahan di Kota kecil Binjai, Sematera Utara, kini telah menembus pasar internasional. Kopi Mandailing yang telah diroastingnya kini telah diekspor ke Singapura, Hongkong, Taiwan, China hingga ke Jepang dan Amerika.

Berbicara dengan tobasatu.com, Selasa (6/10/2021), Awi yang memilih nama lengkap Darwin Jasmin menuturkan, bisnis roastary coffee yang dijalaninya saat ini merupakan warisan keluarganya. Kopi yang mereka jual, pun ketika itu identik dengan kopi Sidikalang.

Baca Selengkapnya : https://www.tobasatu.com/2021/10/06/awi-coffee-dari-bisnis-rumahan-kini-menembus-pasar-internasional/

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia menggandeng PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Festival Kopi Indonesia di Rusia.
Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia menggandeng PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Festival Kopi Indonesia di Rusia. (Foto: Dok)

Jakarta, Beritasatu.com – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia menggandeng PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Festival Kopi Indonesia di Rusia dalam rangka memberdayakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) kopi naik kelas siap ekspor sekaligus dukungan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dan #BanggaLokal.

“BCA memberikan pendampingan bagi seller binaan agar mampu meningkatkan kualitas dan menjaga standar pemasaran yang konsisten, hingga membantu proses pengiriman sample,” kata Direktur BCA John Kosasih dalam keterangan tertulisnya Senin (6/12/2021).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai ekspor pertanian pada Oktober 2021, tercatat kopi menempati porsi terbesar ekspor pertanian yaitu sebesar 22,63%.

Sebagai bagian sistem keuangan nasional, BCA berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi, termasuk UMKM. “Kami ingin membawa nama baik UMKM Indonesia, khususnya yang bergerak di bisnis kopi, dalam kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia,’’ ujar dia.

Baca sengkapnya : https://www.beritasatu.com/ekonomi/863299/festival-kopi-indonesia-di-rusia-berdayakan-umkmnbsp

Tingkatkan Pertumbuhan Omset Pengusaha Kopi Indonesia, BCA Dukung Gelaran Festival Kopi Indonesia di Rusia

Jakarta, 6 Desember 2021 – Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan yang mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai ekspor pertanian pada Oktober 2021, tercatat kopi menempati porsi terbesar ekspor pertanian yaitu sebesar 22,63 persen. PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) mencermati potensi kopi saat ini cukup menjanjikan, mulai dari bisnis minuman kopi dan kedai kopi di dalam negeri hingga ekspor biji dan produk kopi ke luar negeri.

Dukungan BCA kepada Festival Kopi Indonesia di Rusia ini merupakan tindak lanjut atas program UMKM Siap Ekspor di BCA UMKM Fest beberapa waktu lalu, serta wujud nyata dukungan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dan #BanggaLokal. Tahun ini, merupakan tahun ketiga Festival Kopi Indonesia dan kali pertama BCA berpartisipasi serta mendukung gelaran acara yang berlangsung pada Selasa (30/11).

”Sebagai bagian dari sistem keuangan dan perekonomian nasional, BCA senantiasa berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk dukungan kepada UMKM. Kami ingin membawa nama baik UMKM Indonesia, khususnya yang bergerak di bisnis kopi, dalam kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia,’’ ujar Direktur BCA John Kosasih.

Baca selengkapnya : https://pressrelease.kontan.co.id/release/tingkatkan-pertumbuhan-omset-pengusaha-kopi-indonesia-bca-dukung-gelaran-festival-kopi-indonesia-di-

BCA dukung Festival Kopi Indonesia dan Rusia
BCA dukung Festival Kopi Indonesia dan Rusia(dok BCA)

BCA Beri Dukungan ke Peserta Festival Kopi Indonesia di Rusia

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan dukungan terhadap Festival Kopi Indonesia di Rusia sebagai tindak lanjut atas program UMKM Siap Ekspor di BCA UMKM Fest beberapa waktu lalu.

Direktur BCA John Kosasih menuturkan tahun ini merupakan tahun ketiga Festival Kopi Indonesia, dan kali pertama BCA berpartisipasi mendukung acara.

”BCA berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk dukungan kepada UMKM. Kami ingin membawa nama baik UMKM Indonesia, khususnya yang bergerak di bisnis kopi, dalam kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia,’ ujar John Kosasih dalam keterangan resminya, Senin (6/12/2021).

Festival Kopi Indonesia merupakan bentuk kerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia.

Dalam event ini, BCA telah memberikan pendampingan bagi seller binaan agar mampu meningkatkan kualitas dan menjaga standar pemasaran yang konsisten.

“Kami berharap setelah kegiatan ini berakhir, para seller tetap dapat melanjutkan ekspor kopi ke Rusia dan negara-negara lainnya,” kata dia.

Dalam acara ini, BCA memberikan dukungan kepada delapan peserta Festival Kopi Indonesia yakni Aksata Coffee, Awi Coffee, Bali Beans Coffee, Bangflo, Dua Coffee Roastery, Kopi Ketjil, Mozass Healthy Labs, dan Taman Delta Coffee.

Baca selengkapnya : https://money.kompas.com/read/2021/12/06/202520826/bca-beri-dukungan-ke-peserta-festival-kopi-indonesia-di-rusia

Flores Coffee hingga Bali Kintamanis Hadir di Festival Kopi Rusia

JAKARTA – Helatan Festival Kopi Indonesia di Rusia turut diramaikan oleh Aksata Coffee, Awi Coffee, Bali Beans Coffee, Bangflo, Dua Coffee Roastery, Kopi Ketjil, Mozass Healthy Labs, dan Taman Delta Coffee. Kedelapan merchant ini menawarkan beragam varian kopi, antara lain Arabica, Robusta, Luwak, Gayo, Flores, Green Coffee, dan Bali Kintamanis. Sebanyak tujuh di antaranya merupakan UMKM binaan BCA lulusan BCA UMKM Fest dan program BCA Bangga Lokal, yang berasal dari Jakarta, Semarang, Medan, Bali, dan Flores. Baca juga: Pecinta Kopi Australia Minati Robusta Indonesia Asal Jangsi dan Pagar Alam Direktur BCA John Kosasih mengatakan, Festival Kopi Indonesia merupakan bentuk kerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia. Selama ini, lanjut John, pihaknya telah memberikan pendampingan bagi seller binaan agar mampu meningkatkan kualitas dan menjaga standar pemasaran yang konsisten, hingga membantu proses pengiriman sample. “Kami berharap dukungan ini dapat meningkatkan awareness terhadap potensi kopi Indonesia di pasar internasional. Tak hanya itu, kami setelah kegiatan ini berakhir, diharapkan para seller tetap dapat melanjutkan ekspor kopi ke Rusia dan negara-negara lainnya,” kata John dalam pernyataannya, Senin (6/12/2021).

Baca Selengkapnya : https://daerah.sindonews.com/read/620607/174/flores-coffee-hingga-bali-kintamanis-hadir-di-festival-kopi-rusia-1638810773

BCA Dukung Festival Kopi Indonesia di Rusia

JAKARTA, Investor.id – BCA mendukung Festival Kopi Indonesia di Rusia. Dukungan ini merupakan tindak lanjut atas program UMKM Siap Ekspor di BCA UMKM Fest beberapa waktu lalu, serta wujud nyata dukungan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Lokal.

”Sebagai bagian dari sistem keuangan dan perekonomian nasional, BCA senantiasa berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk dukungan kepada UMKM. Kami ingin membawa nama baik UMKM Indonesia, khususnya yang bergerak di bisnis kopi, dalam kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia,’’ ujar Direktur BCA John Kosasih dalam keterangan tertulis.

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan yang mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai ekspor pertanian pada Oktober 2021, tercatat kopi menempati porsi terbesar ekspor pertanian yaitu sebesar 22,63 persen. PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) mencermati potensi kopi saat ini cukup menjanjikan, mulai dari bisnis minuman kopi dan kedai kopi di dalam negeri hingga ekspor biji dan produk kopi ke luar negeri.

Dukungan BCA kepada Festival Kopi Indonesia di Rusia ini merupakan tindak lanjut atas program UMKM Siap Ekspor di BCA UMKM Fest beberapa waktu lalu, serta wujud nyata dukungan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dan #BanggaLokal. Tahun ini, merupakan tahun ketiga Festival Kopi Indonesia dan kali pertama BCA berpartisipasi serta mendukung gelaran acara yang berlangsung pada 30 November 2021.

Festival Kopi Indonesia merupakan bentuk kerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia. BCA telah memberikan pendampingan bagi seller binaan agar mampu meningkatkan kualitas dan menjaga standar pemasaran yang konsisten, hingga membantu proses pengiriman sample.

Baca Selengkapnya : https://investor.id/lifestyle/273594/bca-dukung-festival-kopi-indonesia-di-rusia

BCA Ajak UMKM Binaan Pasarkan Kopi Indonesia di Rusia

BCA Ajak UMKM Binaan Pasarkan Kopi Indonesia di Rusia

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan yang mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai ekspor pertanian pada Oktober 2021, tercatat kopi menempati porsi terbesar ekspor pertanian yaitu sebesar 22,63 persen.

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) mencermati potensi kopi saat ini cukup menjanjikan, mulai dari bisnis minuman kopi dan kedai kopi di dalam negeri hingga ekspor biji dan produk kopi ke luar negeri.

Dukungan BCA kepada Festival Kopi Indonesia di Rusia ini merupakan tindak lanjut atas program UMKM Siap Ekspor di BCA UMKM Fest beberapa waktu lalu, serta wujud nyata dukungan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dan #BanggaLokal. Tahun ini, merupakan tahun ketiga Festival Kopi Indonesia dan kali pertama BCA berpartisipasi serta mendukung gelaran acara yang berlangsung pada Selasa (30/11/2021). Baca Juga: Punya Banyak Manfaat, BCA Siap Terapkan SNAP BI

Baca Selengkapnya : https://www.suara.com/partner/content/wartaekonomi/2021/12/06/181459/bca-ajak-umkm-binaan-pasarkan-kopi-indonesia-di-rusia

BCA Ajak UMKM Binaan Pasarkan Kopi Indonesia di Rusia

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan yang mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai ekspor pertanian pada Oktober 2021, tercatat kopi menempati porsi terbesar ekspor pertanian yaitu sebesar 22,63 persen.

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) mencermati potensi kopi saat ini cukup menjanjikan, mulai dari bisnis minuman kopi dan kedai kopi di dalam negeri hingga ekspor biji dan produk kopi ke luar negeri.

Dukungan BCA kepada Festival Kopi Indonesia di Rusia ini merupakan tindak lanjut atas program UMKM Siap Ekspor di BCA UMKM Fest beberapa waktu lalu, serta wujud nyata dukungan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dan #BanggaLokal. Tahun ini, merupakan tahun ketiga Festival Kopi Indonesia dan kali pertama BCA berpartisipasi serta mendukung gelaran acara yang berlangsung pada Selasa (30/11/2021).

”Sebagai bagian dari sistem keuangan dan perekonomian nasional, BCA senantiasa berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk dukungan kepada UMKM. Kami ingin membawa nama baik UMKM Indonesia, khususnya yang bergerak di bisnis kopi, dalam kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia,’’ ujar Direktur BCA John Kosasih dalam keterangannya di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Baca Selengkapnya : https://wartaekonomi.co.id/read378807/bca-ajak-umkm-binaan-pasarkan-kopi-indonesia-di-rusia

BCA Dukung Gelaran Festival Kopi Indonesia di Rusia

IDXChannel – (kiri kekanan) Chief Roaster CHIP Coffee Nikolay Christyakov, Chief Barista CHIP Coffee Timur Mironov, Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia Jose Tavarez dan Director General of Russian Federation of Tea and Coffee Producers Ramaz Chanturia dalam kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia. 

Dukungan BCA kepada Festival Kopi Indonesia di Rusia ini merupakan tindak lanjut atas program UMKM Siap Ekspor di BCA UMKM Fest beberapa waktu lalu, serta wujud nyata dukungan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dan
#BanggaLokal.

Baca Selengkapnya : https://www.idxchannel.com/foto-1/foto/bca-dukung-gelaran-festival-kopi-indonesia-di-rusia

BCA Dukung Festival Kopi Indonesia di Rusia, Genjot Pertumbuhan Omset Pengusaha Kopi

POS-KUPANG.COM | JAKARTA Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan yang mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam perekonomian Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai ekspor pertanian pada Oktober 2021, tercatat kopi menempati porsi terbesar ekspor pertanian yaitu sebesar 22,63 persen.

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) mencermati potensi kopi saat ini cukup menjanjikan, mulai dari bisnis minuman kopi dan kedai kopi di dalam negeri hingga ekspor biji dan produk kopi ke luar negeri.

Dukungan BCA kepada Festival Kopi Indonesia di Rusia ini merupakan tindak lanjut atas program UMKM Siap Ekspor di BCA UMKM Fest beberapa waktu lalu, serta wujud nyata dukungan Gerakan Nasional#BanggaBuatanIndonesia dan #BanggaLokal.

Tahun ini, merupakan tahun ketiga Festival Kopi Indonesia dan kali pertama BCA berpartisipasi sertamendukung gelaran acara yangberlangsung pada Selasa 30 November 2021.

“Sebagai bagian dari sistem keuangan dan perekonomian nasional, BCA senantiasa berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk dukungan kepada UMKM. Kami ingin membawa nama baik UMKM Indonesia, khususnya yang bergerak di bisnis kopi, dalam kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia,” ujar Direktur BCA John Kosasih.

Festival Kopi Indonesia merupakan bentuk kerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia. BCA telah memberikan pendampingan bagi seller binaan agar mampu meningkatkan kualitas dan menjaga standar pemasaran yang konsisten, hingga membantu proses pengiriman sample.

“Kami berharap dukungan ini dapat meningkatkan awareness terhadap potensi kopi Indonesia di pasar internasional. Tak hanya itu, kami berharap setelah kegiatan ini berakhir, para seller tetap dapat melanjutkan ekspor kopi ke Rusia dan negara-negara lainnya,” kata John.

Baca Selengkapnya : https://kupang.tribunnews.com/2021/12/03/bca-dukung-festival-kopi-indonesia-di-rusia-genjot-pertumbuhan-omset-pengusaha-kopi

UMKM Kopi dari Indonesia Ikuti Festival Kopi di Rusia

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA – Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan yang mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam perekonomian Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai ekspor pertanian pada Oktober 2021, tercatat kopi menempati porsi terbesar ekspor pertanian yaitu sebesar 22,63 persen.

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) mencermati potensi kopi saat ini cukup menjanjikan, mulai dari bisnis minuman kopi dan kedai kopi di dalam negeri hingga ekspor biji dan produk kopi ke luar negeri.

Dukungan BCA kepada Festival Kopi Indonesia di Rusia ini merupakan tindak lanjut atas program UMKM Siap Ekspor di BCA UMKM Fest beberapa waktu lalu, serta wujud nyata dukungan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dan #BanggaLokal.

Tahun ini, merupakan tahun ketiga Festival Kopi Indonesia dan kali pertama BCA berpartisipasi serta mendukung gelaran acara yang berlangsung pada Selasa (30/11/2021).

”Sebagai bagian dari sistem keuangan dan perekonomian nasional, BCA senantiasa berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk dukungan kepada UMKM.”

“Kami ingin membawa nama baik UMKM Indonesia, khususnya yang bergerak di bisnis kopi, dalam kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia,’’ ujar Direktur BCA John Kosasih.

Festival Kopi Indonesia merupakan bentuk kerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia.

Baca Selengkapnya : https://jateng.tribunnews.com/2021/12/04/umkm-kopi-dari-indonesia-ikuti-festival-kopi-di-rusia

BCA dukung gelaran Festival Kopi Indonesia di Rusia

Semarang (ANTARA) – PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) mendukung gelaran Festival Kopi Indonesia di Rusia yang merupakan tindak lanjut atas program UMKM Siap Ekspor di BCA UMKM Fest dan merupakan wujud nyata dukungan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dan #BanggaLokal.

Tahun ini, merupakan tahun ketiga Festival Kopi Indonesia dan kali pertama BCA berpartisipasi serta mendukung gelaran acara yang berlangsung pada Selasa (30/11).

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan yang mempunyai kontribusi yang cukup nyata dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai ekspor pertanian pada Oktober 2021, tercatat kopi menempati porsi terbesar ekspor pertanian yaitu sebesar 22,63 persen.

“Sebagai bagian dari sistem keuangan dan perekonomian nasional, BCA senantiasa berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk dukungan kepada UMKM. Kami ingin membawa nama baik UMKM Indonesia, khususnya yang bergerak di bisnis kopi, dalam kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia,” kata Direktur BCA John Kosasih.

Baca Selengkapnya : https://jateng.antaranews.com/berita/419693/bca-dukung-gelaran-festival-kopi-indonesia-di-rusia

Ingin Sukses Jualan Kopi? Baca Dulu Kiat dari Owner Awi Coffee Ini

Pemilik Awi Coffee, Darwin Jasmin

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN – Awi Coffee semakin mengukuhkan diri sebagai produsen kopi berkualitas di Sumatera Utara. Berawal dari kedai kecil pada 75 tahun yang lalu, kini Awi Coffee digemari seluruh lapisan masyarakat dan telah mewakili kopi nusantara pada ajang internasional.

Di pasaran offline, produk Awi Coffee sudah dijual di Brastagi Supermarket, Pasar Buah, K3Mart, Suzuya, Smarco, Kasimura, All fresh Jakarta, Peppito Bali. Di online, kami ada reputable seller di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak. Selain itu, Awi Coffee sudah mencetak berbagai prestasi seperti penerima Top Regional Brand, Product Quality Awards, Australia Awards, dll.

Pemilik Awi Coffee, Darwin Jasmin atau akrab disapa Ko Awi melihat bisnis kopi masih terus berkembang dan menyambut baik kemunculan para “pemain” baru di bisnis kopi yang digandrungi oleh kaum muda ini.

qc awi coffee
Proses monitoring dalam setiap proses yang ada di Awi Coffee untuk memastikan semua prosedur sudah benar

Menurut Ko Awi, bisnis kopi mengharuskan produsen mengutamakan kualitas.

“Kopi terbaik berasal dari kebun yang terbaik. Kami sangat memperhatikan kualitas kopi yang akan dihasilkan Awi Coffee, bahkan dari proses awalnya yaitu pemetikan atau pemanenan biji kopi,” katanya.

Proses roasting juga menjadi urusan serius untuk Awi Coffee yang menggunakan mesin Probat. Probat adalah alat roasting kopi buatan Jerman yang terbaik saat ini, dirancang khusus untuk menghasilkan kualitas roasting kopi yang terbaik. Untuk saat ini, Awi Coffee memiliki dua mesin, yang setiap harinya bekerja menghasilkan kopi-kopi terbaik. Dalam sejam, Awi Coffee mampu menghasilkan 48 kg kopi premium, dari mesin Probat berkapasitas 12 kg.

roasti awi coffee
Proses roasting selalu dilakukan dengan fokus, agar menjaga setiap beans benar-benar melalui proses di waktu yang tepat.

Poin penting lainnya agar sukses membangun brand dalam bisnis yang persaingannya semakin ketat adalah membangun different why perusahaan. 

“Different why adalah alasan pelanggan membeli dari kita selain karena faktor harga. Jika tidak ada different why, pasti lah pelanggan cuma akan mempertimbangkan harga dalam memilik produk kopi yang akan dibeli. Jika tidak membangun different why, maka pengusaha akan terjebak dalam perang harga,” ungkapnya.

Menurutnya, bisnis kopi tidak selalu mensyaratkan modal besar. Yang terpenting adalah menetapkan goal dan fokus untuk mencapainya.

Ia mengibaratkan bisnis kopi dan goal sebagai sebuah kapal dan kompas. Sebuah kapal tanpa kompas tidak akan tenggelam, tetapi hanya akan ngapung karena tidak ada arah yang dituju.

“Sebuah perusahaan tanpa goal sama seperti kapal tanpa kompas. Ngapung aja! Perusahaan yang berhasil biasanya adalah perusahaan yang mempunyai visi dan goal yang jelas, serta komitmen untuk mencapainya,” ujarnya.

toko awi coffee
Toko offline Awi Coffee

Franchise atau Bangun Sendiri?

Ko Awi memiliki saran yang bagus ketika ditanya tentang memilih berbisnis kopi brand franchise atau membangun sendiri.

Menurutnya, kedua pilihan itu sama bagusnya. Banyak yang sukses lewat jalur membeli franchise maupun memulai brand sendiri.

Jika memilih brand franchise, katanya, ketika kita memulai maka kita sudah langsung memilikii kostomer yang memungkinkan kita bisa berhemat banyak biaya untuk marketing dan rsiko lebih kecil. Sebagai pengganti berbagai kemudahan itu, kita harus bayar royalti dan mengikuti aturan main yang ditetapkan franchisor.

awi coffee 060522
Awi Coffee

Kalau berbisnis sendiri, tentu risiko lebih besar karena akan mulai bisnis tanpa customer base. Tetapi kita bisa lebih fleksibel dan belajar strategi mengembangkan perusahaan dari kerasnya persaingan. Juga jika berkembang pesat, brand itu tetap milik kita.

“Namun ini tidak harus menjadi pilihan yang terpisah. Pengusaha muda suatu hari boleh mempunyai brand sendiri, sekaligus juga membeli usaha franchise,” katanya.

Menurutnya, yang terpenting pengusaha muda harus fokus dalam menjalankan bisnisnya dan tetap memperhatikan kebutuhan kostumer.

“Banyak pebisnis muda gagal karena mencoba mencari solusi untuk masalah yang sebetulnya tidak pernah ada. Ada baiknya pengusaha mendengarkan pelanggan dan calon pelanggan, bertanya kepada mereka problem atau komplain apa yang sering mereka dapatkan dan cari produk untuk solusi problem mereka sekarang. Itu lebih mudah,” katanya.

Baca Selengkapnya : https://medan.tribunnews.com/2022/05/06/ingin-sukses-jualan-kopi-baca-dulu-kiat-dari-owner-awi-coffee-ini